logo

Software akuntansi apa saja?

3 Jenis Software Akuntansi Yang Sering Digunakan

Dalam perkembangan teknologi saat ini, bidang yang cukup mengikuti salah satunya adalah akuntansi. Era digital memicu semakin berkembangnya seperti adanya jenis software akuntansi yang beragam.

Hal ini menyadarkan para pebisnis akan seberapa pentingnya memilih software akuntansi dalam menjalankan bisnisnya. Secara sederhana, software Anda akan mempermudah proses pencatatan transaksi. Namun perlu Anda ketahui lebih detail jenis dan fungsi beberapa software akuntansi termasuk kelebihan dan kekurangannya.

Apa Saja Jenis Software Akuntansi yang Sering Digunakan?

Umumnya ada 3 jenis software akuntansi, berikut penjelasannya:

1. Basis Data

Jenis software akuntansi yang pertama adalah Software Akuntansi Basis Data atau biasa dikenal dengan Database, software akuntansi dengan sistem ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar.  Sebagai contoh software yang sudah banyak digunakan dalam perusahaan besar adalah Oracle dan SAP.

Untuk menginstal software jenis ini perusahaan perlu memiliki database yang besar, selain itu perusahaan juga perlu merekrut engineer sistem dan konsultan untuk dapat memastikan software tersebut siap beroperasi di perusahaan. Pada dasarnya, software jenis ini mampu untuk menangani manajemen keuangan yang banyak, tugas yang lebih kompleks, jaringan besar dan fungsi akuntansi yang rumit.

Target: Perusahaan besar seperti tbk, bank, perusahaan dengan banyak cabang

Keuntungan: Keamanan, Kemampuan untuk menangani tugas akuntansi yang kompleks dan rumit

Kerugian: Sangat mahal, biaya tinggi untuk pemeliharaan

2. Offline / Instalasi

Selanjutnya, jenis software akuntansi yang sering di pakai di perusahaan adalah Software Akuntansi Offline Instalasi. Di area di mana koneksi internet lambat dan terbatas, software akuntansi ini sangat berguna. Setiap bisnis dapat memanfaatkan software akuntansi dalam bentuk CD atau DVD yang perlu Anda install di desktop atau laptop Anda.

Target: Startup, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Keuntungan: Mudah dipasang, berbagai akuntan dapat menggunakannya

Kekurangan: Lisensi untuk instalasi cukup mahal, satu lisensi hanya dapat digunakan untuk satu komputer, data tersimpan di komputer atau laptop Anda jika laptop hilang atau rusak data tersebut juga akan hilang atau rusak

3. Software Akuntansi Online

Saat ini, layanan akuntansi berbasis online atau sering dikenal cloud system mendapatkan popularitas yang cukup tinggi. Jenis software akuntansi ini sering digunakan di perusahaan bahkan untuk UMKM. Software akuntansi ini tersedia secara online dan data dapat diakses melalui internet atau cloud.

Untuk software akuntansi online, Harmony menjadi pilihan yang baik bagi Anda para pebisnis maupun perusahaan. Khusus bagi Anda yang ingin menggunakan software, Harmony memberikan Anda Coba Gratis 30 hari untuk membantu membereskan pembukuan bisnis Anda.

Software akuntansi berbasis cloud memungkinkan Anda dengan mudah membuat dan mengirim Invoice dan tagihan kepada pelanggan dimanapun dan kapanpun.

Target: UMKM, Perusahaan Startup, Perusahaan Jasa, Konsultan

Keuntungan: Lebih murah, data Anda tersedia secara online dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja, Anda dapat menghubungkannya dengan rekening bank Anda

Kekurangan: Membutuhkan koneksi internet

Software akuntansi sangat penting dalam keberlangsungan dan efektivitas bisnis Anda. Melalui software, Anda dapat membuat angka tersebut lebih mudah dikelola dan dipahami. Dengan memanfaatkan software akuntansi, Anda dapat membuat laporan keuangan yang lebih profesional dan komprehensif yang sangat diperlukan dalam bisnis apa pun.

Harmony merupakan software akuntansi yang praktis dan mudah digunakan. Anda juga tidak perlu men-download atau menginstal di komputer, hanya perlu mengkoneksikan dengan internet. Anda akan diberikan berbagai kemudahan seperti membuat invoice, mengatur kas dan bank, serta mencatat semua biaya bisnis. Harmony telah membantu ribuan pemilik usaha untuk memiliki pembukuan yang rapih dan teratur melalui konferensi tahunan kami FinTax Fair 2019.

Bagaimana dengan Anda, Kapan Anda ingin memulai? Gunakan teknologi kekinian seperti Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda. Dapatkan pelatihan video tutorial secara online, lifetime customer support, dan juga Gratis 30 Hari untuk software accounting Harmony dengan mendaftar disini.

Terdapat banyak perangkat lunak akuntansi yang beragam di pasaran, dan pemilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan spesifik bisnis atau organisasi Anda. Berikut adalah beberapa software akuntansi populer:

  1. Zahir Accounting:
    • Fitur Utama: Pembukuan, Laporan Keuangan, Pajak, Stok, dan lainnya.
    • Keterangan: Zahir Accounting memiliki berbagai fitur yang mencakup kebutuhan akuntansi dasar hingga menengah.
  2. Accurate Accounting:
    • Fitur Utama: Pembukuan, Pajak, Laporan Keuangan, dan lainnya.
    • Keterangan: Accurate Accounting dikenal karena keakuratannya dan dapat disesuaikan dengan berbagai jenis bisnis.
  3. MYOB (Mind Your Own Business):
    • Fitur Utama: Pembukuan, Pajak, Gaji Karyawan, dan lainnya.
    • Keterangan: MYOB adalah perangkat lunak yang populer di kalangan pemilik bisnis kecil dan menengah.
  4. QuickBooks:
    • Fitur Utama: Pembukuan, Faktur, Pajak, Laporan Keuangan, dan lainnya.
    • Keterangan: QuickBooks sangat digunakan di seluruh dunia dan menyediakan berbagai fitur untuk membantu manajemen keuangan bisnis.
  5. Xero:
    • Fitur Utama: Pembukuan, Pajak, Faktur, Kolaborasi Tim, dan lainnya.
    • Keterangan: Xero dikenal karena antarmuka pengguna yang ramah dan kemampuannya untuk diakses secara online.
  6. SAP Business One:
    • Fitur Utama: Manajemen Keuangan, Penjualan, Pembelian, dan lainnya.
    • Keterangan: SAP Business One cocok untuk bisnis yang lebih besar dan menawarkan integrasi yang kuat.
  7. Wave Accounting:
    • Fitur Utama: Pembukuan, Faktur, Laporan Keuangan, dan lainnya.
    • Keterangan: Wave Accounting menyediakan solusi akuntansi gratis yang dapat diakses secara online.
  8. Odoo:
    • Fitur Utama: Pembukuan, Pajak, Manajemen Inventori, dan lainnya.
    • Keterangan: Odoo adalah platform yang komprehensif dan dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan bisnis.
  9. Limax Software
    • Fitur Utama: Pembukuan, Laporan Keuangan, Pajak, Stok, dan lainnya.
    • Keterangan: Limax adalah platform yang komprehensif dan dapat disesuaikan untuk berbagai kebutuhan bisnis.

Harap dicatat bahwa pemilihan perangkat lunak akuntansi harus sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selalu pertimbangkan ukuran bisnis, kompleksitas keuangan, dan preferensi pengguna sebelum memilih perangkat lunak tertentu. Selain itu, pastikan untuk memeriksa pembaruan dan dukungan teknis yang tersedia untuk mendukung keberlanjutan penggunaan perangkat lunak tersebut.

Leave a Comment

× Chat WA?